10 Alat Musik Tradisional Indonesia

Dalam pertumbuhan digital sekarang ini alat musik tradisional Indonesia sudah banyak dilupakan, bahkan bagi anak kelahiran tahun 2000’an lebih tertarik dengan musik digital seperti EDM dan juga remix. Sehingga banyak dari secara perlahan melupakan alat musik khas Indonesia yang seharusnya di budayakan dari generasi ke generasi. Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa alat musik khas indonesia yang sudah mendunia lho, bahkan salah satu musik EDM asal indonesia yaitu Weird Genius membuat lagu EDM yang dipadukan dengan musik asli Indonesia asal jawa tengah yaitu gamelan dalam judul lagu DPS.

Indonesia adalah negara terbesar di Asia dan negara ini tentu memiliki banyak keberagaman budaya, suku dan juga bahasa daerah nya masing-masing. Bahkan setiap daerah pun memiliki alat musik nya sendiri yang identik dengan daerah mereka masing-masing. Berikut dibawah ini alat musik asli indonesia yang sudah dikenal oleh dunia yang menjadi kebanggaan didaerah masing-masing:

1. Angklung

destinationdawn.com - Angklung
sumber: wikipedia

Angklung merupakan alat musik asal dari Jawa Barat yang sudah dikenal oleh dunia, setiap ulang tahun Kota Jawa Barat maka musik angklung menjadi salah satu hal yang harus di ikut sertakan untuk memeriahkan kota tersebut, biasanya para warga Jawa Barat berkeliling pusat kota di pagi hari sambil memainkan musik angklung ini. Musik angklung ini dibuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara anda goyangkan dengan tangan anda. Bunyi akan keluar dikarenakan oleh benturan badan pipa bambu, setiap bunyi yang keluar menghasilkan susunan nada dari 2 sampai dengan 4 nada pada setiap ukuran baim baik itu besar ataupun kecil.

2. Gamelan

destinationdawn.com - Gamelan
sumber: bsd.city

Gamelan adalah alat musik asal Jawa Tengah, cara memainkan alat musik yang satu ini pun sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara menggunakan alat pemukul. Gamelan sendiri memiliki arti memukul, di akhir kata “an” memiliki arti nada. Namun banyak orang yang percaya bahwa arti kata “an” hanya sebuah akhiran kata benda saja dan tidak terlalu memiliki makna yang spesial.

3. Serangko

destinationdawn.com - Serangko
sumber: budayaindonesia.org

Serangko merupakan alat musik asal Jambi yang terbuat dari tanduk kerbau, cara memainkan musik ini hampir mirip dengan alat musik suling pada umumnya yaitu di tiup. Biasanya orang jambi menggunakan alat musik asal daerahnya tersebut untuk memberitahukan bahwa ada kabar buruk yang sedang menimpa daeranya. Jadi untuk memainkan alat musik ini tentu tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa mendatangkan banyak musibah.

4. Gendang Melayu

destinationdawn.com - gendang melayu
sumber: alampedia.com

Gendang Melayu merupakan alat musik berasal dari Bangka Belitung, alat musik yang satu ini merupakan jenis membranofon. Membranofon adalah nada atau bunyi yang dihasilkan dari musik ini dengan cara memukul sama membentuk nada yang indah. Gendang melayu sendiri merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara memukul dengan telapak tangan anda, biasanya musik ini sering digunakan untuk mengisi musik dangdut koplo atau istilah anak jaman sekarang adalah musik “sobat ambyar”.

5. Gambus

destinationdawn.com - gambus
sumber: wikipedia

Gambus merupakan alat musik berasal dari daerah Riau, alat musik ini hanya mempunyai 3 senar sampai dengan 12 senar saja. Musik ini sangat cocok sekali dipadukan dengan musik gendang untuk menghasilkan sebuah musik yang memiliki irama yang indah dan enak untuk didengar.

6. Tehyan

destinationdawn.com - tehyan
sumber: budayaindonesia.com

Tehyan merupakan alat musik asal DKI Jakarta dan alat musik ini dibuat dari batok kelapa dan juga kayu jati serta juga dilengkapi dengan senar. Jika dilihat secara kasat mata tentu musik ini hampir mirip dengan musik biola, bahkan cara memainkannya pun sama dengan musik biola. Sebenarnya tehyen adalah alat musik asal tiongkok yang sudah menjadi bagian dari budaya betawi dan biasanya digunakan pada saat acara ondel-ondel.

7. Panting

destinationdawn.com - panting
sumber: canova.com

Panting merupakan alat musik asli Indonesia asal dari daerah suku banjar di Kalimantan Selatan. Sebenarnya musik panting hampir mirip dengan musik gambus yang hanya menggunakan 2 senar sampai dengan 12 senar serta cara memainkannya pun sama seperti alat musik gambus yaitu di petik.

8. Kacapi

destinationdawn.com - kacapi
sumber: wikipedia

Kacapi adalah sebuah alat musik daerah yang berasal dari sunda. Kacapi sendiri memiliki arti nama yaitu tanaman sentul yang dipercaya oleh orang-orang sana bahwa musik ini bisa memberikan kedamaian bagi setiap pendengarnya.

9. Serune Kale

destinationdawn.com - Serune Kale
sumber : pinterest / budayaindonesia

Sarune Kale adalah alat musik asal Nanggore Aceh Darussalam yang memiliki bunyian Aerofon yang berati bunyi yang dihasilkan dari tiupan atau hembusan angin. Cara memainkannya pun hampir mirip dengan suling yaitu anda harus meniup sampai menghasilkan bunyi dan nada di atur oleh jari-jari anda pada lubang di Serune Kale ini.

10. Tifa

destinationdawn.com - tifa
sumber: negerikuindonesia.com

Tifa adalah alat musik kebanggan daerah Maluku dan Papua, tifa biasanya digunakan pada saat penggelaran upacara adat, pertunjukan musik daerah maupun untuk mengiringi sebuah tarian kontes tradisional. Cara memainkannya pun cukup sederhana, yaitu hanya dengan memukul bagian ujung dan dengarkan bunyi yang indah dari setiap pukulan yang anda buat.

Sekian informasi yang bisa saya berikan ini, sebenarnya indonesia masih memiliki banyak lagi musik-musik yang menjadi kebanggan daerahnya masing-masing. Namun saya hanya merangkum 10 alat musik tradisional terbaik menurut saya secara pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *